Deskripsi Organisasi

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Kedudukan
Pesantren Mahasiswa IAIN Sunan Ampel adalah suatu lembaga yang didirikan di bawah naungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya sebagai sarana untuk pengembangan bahasa arab dan inggris serta pengembangan materi-materi keislaman melalui kajian kitab-kitab klasik (Kitab Kuning).
 
Di samping itu, Keberadaan Pesantren Mahasiswa tidak hanya sekedar untuk pemenuhan kebutuhan keilmuan, melainkan juga penjagaan budaya, penyebaran etika dan moralitas keagamaan. Tidak heran ketika Mahasantri yang berada di bawah naungan Pesantren Mahasiswa diarahkan agar lebih memahami bentuk aplikasi dari teori ilmu-ilmu keagamaan yang mereka pelajari dari kitab-kitab klasik. Sehingga dari paduan antara ketinggian intelektualitas dan pengamalan ilmu tersebut tercipta insan akademis yang berjiwa religius.
 
Tugas
Tugas Pesantren Mahasiswa adalah menyelenggarakan pembela­jaran di bidang Bahasa Arab dan Inggris, wawasan ke-Islam-an, pembinaan akhlak, serta pusat Tahfidz al-Qur’an. Upaya kearah ini, tentunya Pesantren Mahasiswa mengupayakan beberapa program pembelajaran dan pembinaan secara sistematis dan efektif sesuai dengan tujuan Pesantren Mahasiswa secara umum.
 
Susunan Organisasi
Susunan organisasi Pusat Ma'had Al-Jami'ah terdiri dari:
Kepala Pusat
Koordinator Masjid
Koordinator Akademik
Koordinator Asrama Putra dan Putri
JFU Pengatministrasi
JFU Tata Usaha

 

Hak Cipta © 2019 Pusat Ma'had Al-Jami'ah UIN Sunan Ampel Surabaya.