UIN-SA, ISTIGHATSAH UNTUK NEGERI

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

2

22 Oktober merupakan hari santri yang selalu dirayakan setiap tahunnya dengan berbagai kegiatan mulai dari kirab, upacara bendera, perlombaan serta beberapa kegiatan lainnya untuk memeriahkan peringantan hari santri.
Beda halnya dengan tahun ini, peringatan hari santri 2020 tidak semeriah tahun sebelum-sebelumnya, hal ini dikarenakan masih masa New Normal pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia, sehingga semua kegiatan harus mengikuti protocol Kesehatan. Misalnya di UINSA pada tahun sebelumnya hari santri dirayakan dengan Upacara Santri dengan menggukan drescode Sarung dan berkopya bagi yang laiki-laki dan memakai pakaian Muslimah yang perempuan.
Namun, di tahun 2020 ini UIN Sunan ampel tetap merayakan hari santri 2020 sesuai dengan edaran Menteri agama yang mana, UINSA mengikuti Upacara bendera secra virtual yang dilaksanakan di Kantor Kemenag Menteng Jakarta, tak mau ketinggalan UINSA tetap merayakan peringatan Hari Santri 2020 dengan dengan Menggelar Doa Bersama dan Istighazah Bersama yang dilaksakan di Masjid Raya Ulul Albab UINSA untuk mendoakan para leluhur uinsa serta leluhur yang gugur dalam resolusi jihad 22 Oktober 1945.
3Awalnya dalam memperingati Hari Santri, UINSA akan melaksanakan Upacara bendera yang akan dilaksanakan di Gedung Sport Center dan Multipurpose. Namun, hal ini dibatalkan lantaran ada edran dari kementerian agama. “Sebenarnya juga sudah direncanakan upacara di Sport Centre namun berdasarkan instruksi Menteri akhirnya kegiatan dilakukan secara online”. Tutur Samsul – Kabiro AAKK.
Dalam sambutanya, Rektor menegaskan, bahwa Hari Santri yang diberikan pemerintah ini bukan dirayakan untuk bersenang-senang. Namun hal ini merupakan wujud apresiasi yang diberikan oleh negara kepada para kiai dan santri, yang memiliki konstribusi besar bagi bangsa Indonesia. “Ini adalah suatu momen untuk memperingati jasa-jasa umat Islam yang sudah diberikan demi tegaknya NKRI saat ini,” tegas Masdar.
Selain Doa dan Istighazah Bersama, pada hari-hari sebelumnya UINSA telah mengadakan Musabaqah Virtual dalam rangka hari santri 2020 yang terdiri dari cabang Musabaqah Tilawatil Qura’an bi At Tartil, Musabaqah Azan dan Musabaqh Qira;atul Kitab yang diikuti oleh Mahasiswa Baru 2020/2021.

Hak Cipta © 2022 Pusat Ma'had Al-Jami'ah UIN Sunan Ampel Surabaya.