CEGAH VIRUS CORONA, MASJID UINSA DiSEMPROT DISINFEKTAN

Penilaian: 4 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

12Sebagai ikhtiyar mencegah penyebaran virus corona, pengurus pusat ma’had al-Jamiah melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya. Ikhtiyar ini penting agar kita tidak diam menerima keadaan, tanpa berusaha melakukan pencegahan sebagaimana dianjurkan oleh Islam agar terus menjaga keseimbangan hidup, yakni agar berikhtiyar dan tawakal kepada Allah SWT dengan perbanyak dzikir dan do’a.

Kegiatan ini didukung oleh relawan gabungan dari mahasiswa, bahkan sebagian dosen ikut terjun, dari Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, dan Fakultas Tarbiyah dan keguruan, yang dikomandani oleh Moch Irfan Hadi, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA. Tidak ketinggalan pula, bagian umum UINSA ikut terjun di lapangan untuk memastikan bahwa kegiatan penyemprotan aman dan lancar.

Satu hal menarik, mengutip Esti Tyastirin dosen program studi Biologi UINSA, disinfektan yang digunakan adalah oplosan yang sangat sederhana, yakni 1 galon air dicampur dengan 600 ml Bayclin, mengingat Bayclin sendiri sifatnya disinfektan, yang bisa membersihkan bakteri salmonella, ecolit juga bisa dibersihkan. Tapi, kita fokus pada penyebaran atau pembersihan virus covid-19 (corona). Perlu diketahui juga, campuran 7,5 ml soklin lantai dan 15 liter air mineral sebenar bisa juga dipakai, tegas Tyastirin.

13Pusat Ma’had al-Jami’ah dalam hal ini Takmir Masjid UINSA mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya semua insan akademik, khususnya, dan para jamaah pada umumnya yang ikut berpartisipasi dalam memakmurkan masjid, terkhusus ikut membantu penyemprotan disinfektan dalam rangka ikhtiyar untuk kenyamanan jamaah dan pencegahan sejak dini virus corona, tegas H. Moch. Shodiq.

Aba Shodiq, panggilan akrab menambahkan bahwa sholat Jumat akan tetap dilaksanakan, meskipun dengan alokasi waktu yang harus dipercepat. Selebihnya takmir Masjid telah menyediakan Hand Sanitizer di beberapa area masjid sehingga bagi para jamaah agar tetap menggunakannya, sebagai langkah ikhtiyar dari penyebaran virus corona.

Disamping itu, Jamaah dan insan akademik kampus harap memaklumi beberapa anjuran yang telah dibuat, demi menjaga kesehatan dan terhindar dari penyebaran virus corona. Kita berharap seiring do’a, semoga Allah segera menyudahi bencana global ini, dan kita diberi kesabaran untuk berikhtiyar, tegas Shodiq.

Akhirnya, mari kita tetap ikhtiyar dan berdoa. Mari jaga masjid kita agar tetap bisa beribadah dengan tetap menjaga kenyamanan dan kesehatan, salah satunya dengan penyemprotan disinfektan. Dengan begitu, kita telah mengamalkan kesimbangan pengamalan agama dan sains. Semoga kita sehat semua. Kondisi segera pulih kembali. Amin…*shof

Hak Cipta © 2020 Pusat Ma'had Al-Jami'ah UIN Sunan Ampel Surabaya.