Mahasantri Ma’had UINSA Boyong 2 Trofi Rihlah Ilmiah 2019

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

lomba

Pusma News, [01/07/19] Sang Juara, titel itu layak disematkan pada Mahasantri Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya. kali ini mahasantri Ma’had al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya membawa 2 trofi dalam ajang Rihlah Imiah Ma’had Al-Jami’ah PTKIN se-Indonesia 2019 yang diselenggarakan di IAIN Tulungagung pada 28 Juni sampai 1 Juli 2019.

Zam – sapaan Muhammad Hasan Zamzami dan rekannya Muna – sapaan Muna Karimatul Mardliyah mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora semester II. Zam sendiri merupakan mahasiswa program studi Ilmu Alquran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat yang juga masih semester II.

Keduanya menjadi delegasi Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya untuk mengikuti Rihlah Ilmiah Ma’had Al-Jami’ah PTKIN se-Indonesia 2019 cabang Musabaqah Hifdzil Quran dan Musabaqah Pidato Bahasa Arab.

Perolehan juara dalam Musabaqah Hifdzil Qur’an: Juara 1 diraih oleh Muhammad Hasan Zamzami (UIN Sunan Ampel Surabaya), 2. Naili Husa (IAIN Tulungagung), 3. Muh. Kamrullah (UIN Alauddin Makasar). Sedangkan untuk Musabaqah Pidato Bahasa Arab: Juara 1 diraih oleh Maratun Nailur Rifa’ah (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang), 2. Muna Karimatul Mardliyah (UIN Sunan Ampel Surabaya), 3. Lia Nikmatul Maula (IAIN Tulungagung).

Pulang dengan membawa predikat Juara 1 dalam Musabaqah Hifdzil Qur’an dan Juara 2 Musabaqah Pidato Bahasa Arab merupakan juara yang perdana dan delegasi perdana dalam mengikuti Rihlah Ilmiah Ma’had Al-Jami’ah PTKIN se-Indonesia yang diikuti oleh Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya.

Khobirul Amru – Pembimbing Tahfid di Ma’had UINSA sangat optimis kalau Mahasiswa yang berkacamata ini nantinya akan memperoleh Juara 1 karena sebelum-sebelumnya Zam telah meraih beberapa kejuaraan diantaranya: Juara 1 MHQ 20 Juz Tingkat RRI Jatim. 2019, Juara 3 MHQ 30 Juz Tingkat Jatim (UPTQ UINSA) 2019, juara 1 MHQ 20 Juz tingkat Kab. Nganjuk 2018, juara 1 MHQ 20 Juz tingkat Prov. Papua Barat 2018, Juara 1 MHQ 10 Juz Tingkat PTKIN Se-Indonesia tahun 2019.

Lain halnya dengan Muna, gadis cantik ini mengaku hanya memiliki waktu 3 hari dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti Musabaqah Pidato Bahasa Arab ini. “Saya latihan untuk mengikuti lomba ini memiliki waktu hanya 3 hari karena infonya juga baru tahu, Alhamdulillah berkat dukungan dan doa-doa nya para ustadz-ustadzah saya memperoleh juara 2.” Ungkapnya Gadis cantik ini ketika di dalam mobil saat perjalan pulang ke Surabaya.

Selain meraih kejuaraan ini gadis cantik ini juga pernah menperoleh kejuaraan-kejuaraan sebelumnya, diantaranya: Pernah meraih Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Arab DPW IV (Orgnisasi Perhimpunan Mahasiswa Bahasa Arab) Jawa Timur, selain itu pernah meraih tiga besar Lomba Pidato Bahasa Arab se-kabupaten dan kota Mojokerto.

Ma’had Al-Jami’ah UINSA tidak menekan mengharuskan memperoleh juara, kami hanya ingin melatih Mahasantri supaya bisa lebih percaya diri.

“Kita tidak mengharuskan kita harus memperoleh Juara, kami hanya pingin menggali bakat teman-teman dan menambah pengalaman santri, dan kalau memperoleh juara ya Alhamdulillah itu namanya Rezeki.” Tegas Bahtiyar – Koordinator Bidang Ma’had.

Atas prestasi yang diproleh tersebut Zam dan Muna berhak memperoleh trofi, sertifikat kejuaraan dan uang pembinaan. Akan tetapi terlepas dari hal tersebut yang terpenting adalah mengalaman yang diperoleh dalam mengikuti event tersebut. [ibn]

Hak Cipta © 2019 Pusat Ma'had Al-Jami'ah UIN Sunan Ampel Surabaya.