Rektor UINSA; 3 Elemen Menjadi Mahasiswa Sukses

Penilaian: 4 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

rektor tarhibUntuk menjadi mahasiswa sukses setidaknya ada tiga elemen dasar yang harus diperhatikan oleh mahasiswa. Pertama, kuatkan nalar berpikir. Nabi Muhammaf SAw. sangat jelas mengajak umatnya agat senantiasa memfungsikan akal dengan sebaik-baiknya. Melalui ayat Iqra' kita tersadarkan bahwa membaca adalah aktivitas yang sangat penting. Pastinya Pembacaan yang dimaksud adalah pembacaan aktif, bukan pasif.  Pembacaan aktif akan menghasilkan ilmu pengetahuan dalam rangka menyelesaikan problem kemanusiaan.

Elemen kedua adalah nalar spiritual; sebuah nalar yang berhubungan dengan aktivitas membersihkan hati. Penguatan spiritualisme akan mampu menyingkap berbagai rahasia-rahasia ilmu pengetahuan, yang tidak bisa ditembus oleh nalar berfikir. Dan elemen ketiga adalah nalar etika. Yakinanlah, mahasiswa akan sulit mencapai kesuksesan, sekalipun nalar berpikir dan nalar spiritialnya baik, jika tidak memperjatikan nalar etik; sebuah nalar yang berujung pada terciptanya akhlakul karimah dalam pribadi mahasiswa.

Itulah salah-satu.pokok ungkapan yang disampaikan Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA, PhD, selaku rektor UIN Sunan Ampel Surabaya dalam rangka memberikan suport kepada mahasantri Ma'had al-Jami'ah UINSA dalam acara bertajuk pembukaan dan sosialisasi kegiatana mahasantri (sebutan mahasiswa yang tinggal di) Ma'had al-Jami'ah di Masjid Raya Ulul albab, 03 September 2018.

Perlu diketahui Ma'had al-Jami'ah merupakan salah satu bagian dari lembaga di UINSA yang menggawangi soal asrama mahasiswa sebagaimana Takmir Masjid yang semua kegiatan akademik berbasis Santri akan bermuara kepada implementasi dari gerak praksis Pusat Ma'had al-Jami'ah.

Karenanya, berharap dari ma'had akan lahir mahasiswa-mahasiswa  sempurna yang bermoraldan mampu memberikan warna bagi dirinya sendiri dan orang lain, khususnya mampu menebarkan virus-virus kebajikan di lingkungan kampus.

Jika demikian, Meminjam istilah KH. Drs. Mujib Adnan, M.Ag, selaku Kapus, maka apapun capaian sukses yang diimpikan mahasiswa pada endingnya terwujud gerak kebajikan yang menuju terciptanya amal shaleh agar senantiasa dekat dengan Allah Swt. Apa artinya sukses jabatan, kekayaan dan ilmu, jika akhirnya semakin menjauhkan lita kepada Allah.

Dengan diadakannya acara ini menjadi tanda bahwa kegiatan untuk mahasantri Ma'had al-Jami'ah  UINSA dimulai. Dan tepat pada hari selasa tanggal 04 September 2018 akan diadakan Pengajian pembuka Kitab Risalah Ahl-Sunnah wa Al-Jama'ah karya Hadlratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari, yang dibacakan oleh KH. ZAKI HADZIQ, salah satu cucu beliau.

Dalam acara ini sekaligus akan diadakan ijazah sanad kitab dan wirid khusus Kiai Hasyim Asy'ari. Dan bisa diikuti semua mahasiswa UINSA dan umum. Semoga kegiatan ini berkah dan berkahi pada kita semua, khususnya civitas akademik UIN Sunan Ampel. Amin.

 

Hak Cipta © 2019 Pusat Ma'had Al-Jami'ah UIN Sunan Ampel Surabaya.