Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

jenazah[Pusma News] Sabtu, (02/03) Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan Pelatihan Merawat dan Mengurud Jenazah yang dilaksanakan di Aula Lantai 2 Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya.

Acara itu diikuti oleh sekitar 160 Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dari berbagai Fakultas dan Prodi. Mereka sangat antusias dan serius dalam menyimak teori dan praktik mengurus jenazah. Secara praktik, pelatihan penting dan tidak ditemukan diruang kosma sebab lebih banyak berkutat pada penguatan akademik teoritis.

Rangkaian kegiatan dalam sesi pertama yaitu Fiqhul Jenazah dengan Narasusmber K.H. Drs. Abd. Mujib Adnan, M.Ag– Kepala Pusat Ma’had Al-Jami’ah UINSA. Dalam materi ini diulas bagaimana cara mengurus jenazah menurut syariat Islam, karena dalam mengurus jenazah kita tidak asal mengurus tetapi ada tata cara sendiri secara syariat sebab yang meninggal juga manusia yang wajib dimulyakan.

“Memandikan jenazah itu tidak asal disiram atau disemprot seperti mencuci sepeda atau mobil, tetapi jenazah meskipun sudah meninggal tetap harus kita mulyakan.” Pungkasnya.

Sedangkan sesi kedua, yaitu praktik merawat dan mengurus jenzah mulai memandikan, mengkafani serta menshalati jenazah. Dalam sesi ini diisi oleh Drs. Ahmad Zaini– Praktisi perawatan jenazah di Ruang Instalasi Forensik RSU Haji Sukolilo. Dalam sesi ini Zaini menjelaskan secara detail bagaimana cara mengurus jenazah, mulai dari jenazah yang normal, jenazah yang luka (habis kecelakaan) serta jenazah yang memiliki penyakit menular seperti HIV/AID dijelaskan secara detail olehnya.

Pelatihan ini sangat penting bagi mahasiswa ketika nanti setelah lulus manfaat ketika nanti kalian semua terjun di Masyarakat”. Pungkas Bahtiyar Rifa’i – Salah satu panitia pelatihan.
Dalam sela-sela menyampaikan materi Zaini menyampaikan bahwa mengurus jenazah selain sebagai ibadah juga dapat dijadikan ladang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.
“Mungkin ada Mahasiswa nanti setelah pelatihan ada yang siap untuk mengurus jenazah bisa bantu saya nanti di RSU Haji lumayan bisa untuk bayar kos”. Tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Wasid Mansyur, sekretaris Pusat Ma'had al-Jami'ah berharap jika Kampus seperti UINSA ini memiliki layanan dan relawan mengurus jenazah untuk wilayah Surabaya itu akan luar biasa. Pasalnya, jika ini terjadi dimungkin menjadi ruang pengabdian sekaligus alternatif memberikan pelayanan kepada publik sehingga UINSA semakin bermanfaat, tegasnya.[ibn]

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

tarhib[Pusma News] Selasa (19/02) Ratusan Mahasantri (Mahasiswa yang tinggal di Ma’had Al-Jami’ah, red) berbondong-bondong memenuhi Aula Utama Masjid Raya Ulul Albab guna mengikuti acara Lailatut Tarhib. Dalam acara ini dihadiri pula oleh jajaran pengurus Pusat Ma’had Al-Jami’ah diantaranya Kepala Pusat Ma’had, Sekretaris Ma’had, Koordinator Bidang Ma’had Putra dan Putri dan Koordinator Bidang Akademik serta Dewan Muwajjih-muwajjihddan beserta Musa’id-musa’idah Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pra acara diawali dengan lantunan shalawat yang dibawakan oleh tim shalawat ma’had putri yang dilanjut dengan pembukaan yakni pembacaan ummul quran yang dipimpin oleh Ustad Bahtiyar Rifa’i – selaku Koordinator Bidang Ma’had Putra dan Putri. Setelah itu dilanjut dengan Pembacaan  Ratib Al-Haddad karya Al allamah Al Imam Al Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad yang dipimpin oleh Dr. Wasid Mansyur – Sekretaris Ma’had.

Dalam sambutannya Kepala Pusat Ma’had AL-Jami’ah – K.H. Mujib Adnan Berharap kepada Mahasantri dalam semester 2 ini Mahasantri belajar lebih rajin dan semangat karena waktu semester dua lebih singat dari semester. 1 dan juga dalam semester dua ini mendekati bulan ramadhan.

“Apalagi semester ini mendekati Bulan Suci Ramadlan sehingga Mahasantri bisa Running (lari) cepat lebit cepat dari pada semester kemarin dan maju lebih cepat dari semester kemarin.” Ujar yai Mujib.

Masuk ma’had anggap cinta yang pertama, karena menurut survei cinta pertama tidak bisa dilupakan maksud dari cinta pertama bukan masalah lahiriah tetapi akhlak yang dibangun di ma’had materi yang sudah diproleh jadikanlah cinta petama yang tidak akan bisa dihilangkan walaupun semester depan sudah tidak tinggal di Ma’had lagi. Tambahnya.

Seusai sambutan kepala Pusat Ma’had Al-Jami’ah, Bahtiyar Rifa’i mensosialisasikan kegiatan yang akan dilaksanakan di semester genap ini antara lain kegitan rutin seperti Tahsin Al-Qira’ah, Kajian Kitab Kuning, Shabah al-Lughah dan kegiatan lainya. Selain kegiatan rutin Bahtiyar juga menyampaikan bahwa di semester genap ini akan diadakan beberapa program tambahan diantaranya pelatihan merawat jenazah, pelatihan ru’yah, manasik haji yang mana kegiatan tambahan ini akan dilaksanakan pada hari sabtu atau minggu sehingga kegiatan ini tidak mengganggu kegiatan perkuliahan dan diharapkan seluruh mahasantri bisa berpatisipasi dalam acara ini.

Untuk menambah kekhusuan acara, forum ditutup dengan doa yang dipimpin oleh H. Abdul Wahab Naf’an, Lc., MA – Koordinator Bidang Akademik Ma’had setelah itu dilanjut dengan bersalam-salaman (jabat tangan, red) mahasantri dengan seluruh pengurus jajaran ma’had dan muwajjih-muwajjihan Ma'had Al-Jami'ah.

Lailatut Tarhib malam ini menjadi sangat spesial karena diakhir acara dilakukan ramah-tamah berupa makan nasi bungkus bersama Pengurus dan Mahasantri Pusat Ma'had Al-Jami'ah, hal ini tidak lain untuk mempererat kebersamaan keluarga besar Pusat Ma'had Al-Jami'ah UIN Sunan Ampel Surabaya. [ibn]

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

WhatsApp Image 2018 11 05 at 09.00.03Pusma Newa [5/11/18] Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) merima tamu dari ‎Pusat Ma’had Al-Jami’ah IAIN Salatiga, Jawa Tengah. Kunjungan ini dalam rangka studi banding dan  Ngerso Kaweruh untuk saling belajar kaitan dengan pengelola Ma'had Kampus dan kegiatan akademik menjadi rutinitasnya, tegas Kiai Abdus Syukur, Msi selaku ketua rombongan dan kepala pusat Ma'had al-Jami'ah IAIN Salatiga.

Pukul 04.00 WIB rombongan tiba di ‎Kampus UINSA tepatnya Masjid Raya Ulul Albab dengan Peserta studi banding sekitar 50 orang yang terdiri Dari Kepala Pusat Ma'had Al-Jami'ah, Pengelola Ma'had, Pengasuh Ma'had Putra, Pengasuh Ma'had putri dan Mahasantri Senior. bersamaan dengan itu, rombongan dikumpulkan diteras lantai 2 Masjid Raya Ulul Albab; bertepatan dengan Kegiatan ‎Tahsin al-Qirah untuk mahasantri yang dilaksanakan setiap hari Senin ba’da shalat Shubuh.

‎ Pada kesempatan yang berbeda, ibu Wahidah Siregar selaku Wakil rektor 1 menjelaskan semua orang harus banyak jalan-jalan agar bisa belajar dengam yang lain. Studi Banding intinya adalah jalan-jalan plus belajar. Banyak pengalaman sukses yang dilakukan orang lain, sementara kita belum melakukan. Tidak ada alasan untuk mengatakan tidak punya uang untuk bisa maju. Upayakan gerak kreatif dan inovatif sehingga bisa berkembang dengan baik.

Pada kunjungan ini sesi materi disampaikan oleh Wasid – sekretaris Pusat Ma’had al-Jami’ah ‎yang menyampaikan tentang Manajemen dan Tatakelola Pusat Ma’had Al-Jami’ah UINSA. ‎Selanjutnya Wasid menamambahkan bahwa Ma’had diamanahi kampus untuk mengeluarkan 2 ‎sertifkat penunjang akademik yaitu sertifikat Ta’lim Ma’had (P2kkm, red) dan sertifikat Program ‎Peningkatan Kompetensi Baca Tulis Al-Qur’an dan Kompetensi Keagamaan Praktis (P2KBTA-‎KKP) yang mana sertifkat tersebut sebagai prasyarat untuk mengikuti Ujian Munaqosah ‎Skripsi.‎

Untuk Program Ta’lim Ma’had, ditambahkan oleh Abdul Wahab Naf'an selaku koordinator Akademik, kita fokus pada pembinaan Akhlak meskipun di dalam ‎pembelajaran kita menggunakan materi berbahasa Arab, karena untuk bahasa sendiri sudah ‎dilaksanan Intensif Bahasa yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Bahasa.

Untuk Program Peningkatan Kompetensi Baca Al-Qur’an dan Kegamaan Praktis kita berfokus ‎pad abaca Al-Qur’an sebagai komponen utama, Hafalan Surah Pendek, Hafalan Do’a Harian dan ‎Ibdah Praktis. Untuk hafalan surah pendek yaitu surah ad-dhuha sampai surah an-Nas namum ‎khusus Mahasiswa yang tinggal di Ma’had Surah An-Naba’ sampai surah An-Nas. Pungkas ‎Bahtiyar, Koordinator bidang Ma’had.‎

Pada sesi akhir yaitu sesi sharing tentang Ma’had al-Jami’ah di mana pada sesi ini antara ‎pengurus Ma’had IAIN Salatiga dan Ma’had UINSA  saling menceritakan pengalaman suka dan ‎suka dalam mengurus Ma’had serta mencari jalan tengah terkait beberapa pesoalan yang ada di ‎Ma’had.‎

Forum berakhir, pukul 11.30 sambil ceria ditutup saling bersalaman sebagai simbol perpisaan dan silaturrahim.

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

placement test

Rabu [5/9], Ma'had Al-Jami'ah mengadakan placement test kemampuan Baca Al-Qur’an untuk pengelompokan kelas pembinaan Tahsin Al-Qira’ah yang akan dilaksanakan setiap hari Senin pagi ba'da Shalat Shubuh oleh Muwajih-muwajjihan (prmbimbing, red). Placement test ini juga dilakukan oleh Muwajih-muwajjihah Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya.

"Placement Test ini dilakukan untuk menyaring kemampuan Baca Al-Quran Mahasantri, Mahasantri kita suruh baca 2 sampai dengan 3 ayat, dengan bacaan ini kita bisa menilai kenampuan Mahasantri dalam baca Al-Qur’an baik di kelancaran, kefasihan, serta mempraktikkan hukum2 bacaan tajwidnya." Jelas Khobir - salah satu Muwajjih bidang Al-Quran di Pusat Ma'had Al-Jamiah.

Acara yang dipandu oleh Muwajjih-muwajjihah ini diikuti dengan khidmat oleh Mahasantri, "Acara ini sangat menarik dan sangat membantu saya dalam meningkatkan baca quran saya khususnya bisa untuk murojaah hafalan Al-Qur’an saya". Pungkas Jajang - salah satu Mahasantri yang mengikuti test ini.

Dengan dilaksanakannya program tahsin ini pusat ma'had al-jami'ah berharap agar mahasantei yang keluar dari pusat ma'had al-Jami'ah ini memiliki kemampuan baca al-quran sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid.

Halaman 1 dari 9

Hak Cipta © 2019 Pusat Ma'had Al-Jami'ah UIN Sunan Ampel Surabaya.